What You See Is What You Get

Monday, February 15, 2016
Berlangganan

UJIAN NASIONAL PERBAIKAN (UNP) TIDAK AKAN DIGELAR KEMBALI MESKI NILAI DIBAWAH STANDAR


Kemdikbud menghimbau peserta Ujian Nasional Perbaikan (UNP) untuk mempersiapkan diri dengan baik, pasalnya UNP ini tidak akan digelar kembali meski nilai peserta tetap dibawah standar.
Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (PUSPENDIK) Kemdikbud “ Nizam”,  menyampaikan, aturan tersebut sudah menjadi ketetpan dari Badan Standar Nasional (BSNP). BSNP hanya memeberikan kesempatan satu kali bagi peserta untuk memperbaiki nilai ujian nasional (UN) sebelumnya. Nizam menuturkan peserta tidak perlu khawatir akan nilai rendah, karena peserta diberikan hak memilih dan menggunakan nilai terbaiknya.
Ujian Nasional Perbaikan (UNP) dijadwalkan mulai 22 Februari – 25 februari 2016, dan dilanjutkan kembali kembali pada tanggal 29 Februari – 2 Maret 2016. Untuk peserta lulusan SMA/MA, memiliki jadawal dari hari pertama samapai 1 Maret 2016, kemuadian peserta paket C harus mengikuti ujian hari pertyama hingga akhir. Sementara siswa SMK, hanya dijadwalkan selama empat hari terhitung dari hari pertama ujian.

Hasil UNP akan diumumkan tiga minggu pasca ujian selesai, yakni tanggal 19 Maret 2016. Sertifikat hasil Ujian Nasional (SKHUN) akan disalurkan melalui Dinas Pendidikan setempat,  Sebagai Informasi peserta UNP merupakan lulusan sekolah menegah atas (SMA)/Kejuruan (SMK) dan sederajat serta peserta paket C yang mendapat nilai dibawah 55 pada UN sebelumnya mereka tetap dinyatakan lulus meski nilai dibawah standar. Namun mereka tetap diberikan kesempatan kembali untuk memperbaiki melalui  UNP meski tidak wajib. Dari seluruh siswa  dengan nilai dibawah standar, hanya empat persen atau 67 ribu orang yang mendaftar untuk mengikuti UNP. Berikut adalah informasi UNP yang saya kutif dari “Harian Radar Bogor 15/02/2016”

Download Prosedur Ujian Nasional Perbaikan (UNP) Disini