What You See Is What You Get

Saturday, February 13, 2016
Berlangganan

PENJELASAN TENTANG VALIDASI DAPODIKDASMEN

Salam Sejahtera bagi Seluruh OPS
Dengan ditemukannya  permasalahan-permasalahan yang dialami oleh rekan2, OPS terkait Status akreditasi, Info GTK dan lainnya. Maka pada kesempatan ini saya akan sedikit menjelasakan alasan-alasan permasalahan tersebut :

1.      Status akreditasi pada aplikasi Dapodik menjadi kosong atau tidak diisi
Sebenarnya rekan2 tidak perlu cemas, data akreditasi bersumber dari BAN S/M akan diserahkan ke PDSP, lalu dari server PDSP akan dipush ke server dapodik,. Kalau data akreditasi sudah masuk ke server dapodik tinggal sync aja, otomatis nanti data akreditasi akan turun ke aplikasi.

2.    Sekolah muncul di Daftar validasi Data server Dapodikdasmen
       Silakan cek data sekolah rekan2 sekalian, kalau sekolah rekan2 sudah gak  muncul disitu berarti aman, tapi kalau masih muncul, perhatikan keterangan validasi, lalu perbaiki sesuai dengan keterangan validasinya,

3.    Info PTK yang belum sesuai dengan entrian aplikasi
Khusus utk mapel Bahasa Indonesia SMP, ada perubahan kode pada data referensi, ga usah galau, kalau kemaren ketika  cek info GTK valid setelah cek lagi ternyata jadi ga valid pada jumlah siswa masih kosong, tenang saja yang penting dapodik udh dimapping anggota rombelnya,.seperti yg rekan2 ketahui, server GTK saat ini tidak hanya utk Guru Sertifikasi jenjang DIKDAS saja, tapi PAUD dan DIKMEN pun mulai menggunakan Info GTK,  Lagi pula saat ini masih versi beta, yang penting adalah :pastikan entrian pada dapodik dan server dapodik sudah valid, jadi kapanpun server GTK mengambil data dr server dapodik tdk ada masalah, tinggal menunggu waktu penerbitan SKTP.

Itulah beberapa penjelasaan terkait kevalidan data, semoga penjelesan tersebut dapat membantu permasalahan2 yang dialami oleh semua sahabat OPS.