What You See Is What You Get

Friday, February 5, 2016
Berlangganan

HAL YANG DAPAT MEMOTIVASI OPERATOR SEKOLAH

Tanggung jawab Operator Sekolah semakin banyak dan berat, Operator Sekolah saat ini juga semakin menjadi ujung tombak keberadaan sekolah tersebut. Berbagai model pendataan yang semakin berkembang menuntut Operator Sekolah selalu bekerja ekstra untuk memenuhi permintaan pendataan yang ada. Operator Sekolah dituntut jeli dalam pengimputan, data sekolah maupun data PTK yang menyerahkan sedikit "nasib" tunjangannya kepada Operator Sekolah. 
Sebagian besar Operator Sekolah yang notabene baru masuk dunia pendidikan, merasa kaget dengan upah yang bisa dibilang jauh dari tanggung jawab mereka.Apalagi ditambah syarat untuk mendapatkan tunjangan dan diakui sebagai PTK resmi sangatlah sulit dimasa sekarang ini. Contohnya dengan pengusulan Nomor Unik Pendidik dan Kependidikan (NUPTK)  di haruskan mengikuti peraturan yang baru, yaitu Memiliki SK Bupati atau Wali Kota dan syarat- syarat lain. Cara mengusulkan NUPTK
Dan pada akhirnya banyak operator sekolah yang sudah mulai jenuh, lelah sehingga memepengaruhi kinerjanya, Maka disinilah peran/perhatian bapak/ibu Kepala sekolah/PTK diperlukan dengan memeberikan pengakuan kepada operator sekolah yang diantaranya:
  1. Setiap Operator Sekolah memiliki kebutuhan fisiologis maka pihak manajemen perlu memperhatikan pemberian penghasilan bagi Operator Sekolah. Perhatikan agar tidak ada keterlambatan
  2. Hal yang membuat Operator Sekolah merasa aman adalah ketika ia memiliki jaminan akan kesehatan baik atas dirinya maupun keluarganya.
  3. Berikan rasa nyaman, karena seseorang bisa saja mencoba bertahan dalam suatu lingkungan yang kurang nyaman ketika ia membutuhkan penghasilan. Namun begitu hal tersebut terpenuhi maka ia pun akan mencari tempat di mana ia dapat merasa nyaman.
  4. Setiap Operator Sekolah menginginkan pengakuan atas setiap hasil kerjanya. Hal ini dapat diberikan dalam bentuk pemberian reward/ kompensasi atas segala hasil usaha dan prestasi yang diberikan.

Mulailah melakukan analisa atas kinerja Operator Sekolah dari berbagai level dan lakukanlah identifikasi akan hal-hal yang dapat meningkatkan motivasi. Peningkatan motivasi Operator Sekolah akan berbanding lurus dengan peningkatan kinerja kepala sekolah yang tentunya akan diikuti juga dengan peningkatan mutu Pendidikan disekolah