PEMANFAATAN DAN PERBAIKAN UN UNTUK MUTU PENDIDIKAN
Ujian Nasional
merupakan salah satu upaya pemerintah dalam rangka memacu peningkatan mutu
pendidikan. Ujian
Nasional selain berfungsi untuk mengukur dan menilai pencapaian kompetensi lulusan dalam mata
pelajaran tertentu, serta pemetaan mutu pendidikan pada tingkat pendidikan
dasar dan menengah, juga berfungsi sebagai motivator bagi pihak-pihak terkait
untuk bekerja lebih baik guna mencapai hasil ujian yang baik. Berbagai hasil
penelitian menunjukkan bahwa dengan adanya Ujian Nasional, siswa terdorong
untuk belajar lebih baik dan guru terdorong untuk mengajar lebih baik pula.
Berdasarkan hasil Ujian
Nasional, kemampuan sekolah kategori ke dalam empat kategori, yaitu:
A
|
Sangat Baik
|
: Nilai UN lebih dari 85,0
dan kurang dari atau sama dengan 100;
|
B
|
Baik :
|
: Nilai UN lebih dari 70,0 dan
kurang dari atau sama dengan 85,0;
|
C
|
Cukup
|
: Nilai UN lebih
dari 55,0 dan
kurang dari atau sama
dengan 70,0;
|
D
|
Kurang :
|
: Nilai
UN kurang dari atau sama
dengan 55,0.
|
Selain
informasi kategori sekolah, informasi tentang peta hasil Ujian Nasional dapat
digunakan sebagai umpan balik bagi semua pihak terkait dalam rangka memperbaiki
kinerjanya masing-masing. Oleh karena itu, peta hasil Ujian Nasional merupakan
bahan informasi yang perlu dikaji secara mendalam oleh semua pihak dalam rangka
memperbaiki pembelajaran dan mutu pendidikan secara berkelanjutan.
Sumber : Aplikasi PAMER UN 2014/2015
PUSAT PENILAIAN PENDIDIKAN
PERINGKAT SEKOLAH BERDASARKAN JUMLAH NILAI UN TP 2014/2015